Thursday, December 01, 2005

Perawatan Kucing


Bagi para pemula, tentunya akan merasa bingung atau belum tahu hal-hal umum apa saja yang perlu diperhatikan / dilakukan dalam perawatan kucing kesayangan, oleh karena itu bila anda belum tahu sebaiknya menyimak informasi dibahwah ini untuk mengetahui hal apa saja yang secara umum perlu diperhatikan, diantaranya :

1. Kebersihan Lingkungan

2. Perawatan Tubuh Kucing

3. Makanan Kucing

4. Vaksin


Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan dimanapun harus menjadi bagian utama dari kehidupan manusia, oleh karena kita ingin hidup berdampingan dengan kucing kesayangan, maka hewan peliharaan tersebut juga harus memiliki tempat yang cukup bersih, diantaranya kita perlu menyediakan tempat buang kotoran bagi sikucing.

Kotoran kucing yang berupa air kencing dan tinja, harus ditangani dengan baik agar tidak menjadi masalah, baik itu sebagai sumber bau maupun penyakit.

Sediakanlah wadah (dari plastik) yang tingginya dan besarnya cukup untuk menampung satu ekor kucing dewasa. Isi dengan zeolit sampai kira 1/4 dari tinggi wadah. Biasakan / latih kucing untuk membuang kotorannya di tempat tersebut. Agar kucing anda terbiasa, biasakan kucing anda sejak masih kecil. ( Sesegera mungkin kotoran padat dibuang dari tempat ini, dan satu hari sekali gantilah zeolit tersebut dan cucilah tempat tersebut kemudian ganti isi ulang dengan zeolit yang bersih )

Selain itu, ruangan / kandang kucing tersebut harus sering dibersihkan juga dengan cara mengelap atau mencuci kandang dengan bahan-bahan anti kuman.


Perawatan Tubuh Kucing

Perawatan tubuh kucing tidak report seperti apa yang anda bayangkan, akan tetapi beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah cara :

· Memandikan Kucing

· Penyisiran Bulu kucing

· Pembersihan kotoran sekitar Mata dan Telinga

Kucing yang anda pelihara sebaiknya dimandikan dua minggu sekali, mengapa demikian karena walaupun pada dasarnya kucing suka memandikan dirinya sendiri dengan cara menjilat jilati tubuhnya akan tetapi akan lebih bersih jika kita memandikan kucing tersebut dengan shampho khusus kucing agar kebersihannya lebih sempurna. Usahakan memandikannya dengan tidak mengenai daerah muka. Setelah dimandikan, keringkan sampai agak kering dengan handuk, dan lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai hampir kering atau kengeringkan bulu dengan menggunakan hair dryer sambil disisiri. Jika kucing terlihat ada gejala ketakutan karena penggunaan hair dryer, sebaiknya segera hentikan dan keringkan dengan handuk kering saja dan dijemur secukupnya agar tidak kepanasan.

Penyisiran atau penyikatan bulu kucing harus dilakukan setiap hari untuk mencegah bulunya menjadi kusut dan kusam, akan tetapi bila yang dimiliki adalah kucing berbulu pendek maka anda dapat melakukan hal ini cukup dua kali dalam seminggu.

Langkah langkah yang dilakukan dalam hal penyisiran untuk kucing berbulu panjang adalah sebagai berikut :

1. Berilah bedak pada bulu kucing secara merata karena bedak ini akan mengatasi kekusutan bilamana melakukan penyisiran dan gunakan bedak khusus untuk kucing. Selain itu pemberian bedak ini dapat mempercantik keindahan bulu kucing.

2. Lepaskan simpul-simpul yang menjadi hambatan dalam penyisiran dengan hati-hati dan lembut agar tidak menyakiti badan sikucing, bilamana pelepasan bulu yang kusut tersebut sulit dilakukan dengan cara biasa maka gunakan alat bantu seperti gunting untuk menggunting simpul tersebut agar membuka simpul atau memotong bagian yang tidak bisa dirapikan lagi.

3. Gunakan sisir bergigi lembut untuk menyikat searah pertumbuhan bulu ( Kearah atas ), sehingga hal ini dapat mengangkat bulu-bulu yang mati / rontok

4. Gunakan sisir tipis untuk menyisir bulu-bulu tersebut kearah kebalikan dari cara no.3 untuk merapikan kembali bulu-bulu tersebut.

5. Untuk bagian kaki bawah, gunakan sikat yang kecil dan lembut seperti halnya sikat gigi, untuk melakukan pembersihan pada bagian tersebut. dan lakukan penyikatan satu arah kebawah saja agar bulu bulu pada bagian tersebut terurai rapih.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah membersihkan bagian muka adalah daerah sekitar mata dan sekitar mulut / pipi. Untuk daerah mata, bersihkanlah cairan yang keluar dari mata agar mata kucing selalu bersih dan terhindar dari penyakit mata seperti belekan. Cara membersihkannya adalah dengan membasahi kapas dengan boorwater atau air hangat, dan bersihkanlah daerah mata tersebut. Untuk daerah sekitar mulut / pipi kucing, gunakanlah sikat yang lembut dan kecil ( Bisa menggunakan sikat gigi yang lembut) untuk membersihkan kotoran atau sisa sisa makanan yang melekat pada bagian tersebut.

Daerah telinga bagian dalam adalah salah satu bagian dari tubuh kucing yang perlu mendapatkan perhatian, untuk membersihkan daerah telinga bagian dalam ini dapat dengan menggunakan cotton buds. Lebih baik lagi dengan menggunakan cairan pembersih khusus kuping kucing.

Perawatan kucing yang tidak kalah pentingnya adalah menghidari hewan peliharan tersebut dari berbagi kutu, karena kutu dapat mengganggu kesehatan dan ketenangan kucing, oleh karena itu sangat disarankan bila memandikan kucing gunakan shampo yang mengandung zat pembasmi kutu.

Selain kutu ada juga yang memanggangu kesehatan kucing, yaitu jamur. Bila kucing anda mengidap jamur, selain akan terasa gatal-gatal maka bulu kucing tersebut akan rontok. Oleh karena itu hindarilah serangan jamur tersebut atau segera obati bilamana kucing anda terindikasi mengidap penyakit jamuran.


Makanan Kucing

Makanan yang diberikan kepada kucing sebaiknya merupakan makanan yang khusus diperuntukkan untuk kucing yang memenuhi kebutuhan gizi lengkap bagi sikucing. Kucing dapat diberikan makanan berupa ikan ataupun daging. Pemberian daging (khususnya daging sapi) adalah penting untuk kesehatan kucing, terutama terhadap pertumbuhan bulu akan tetapi perlu di ingat pemberian daging mentah akan merupakan satu penyebab hewan peliharaan anda terjangkit penyakit toxoplasma, walaupun tidak pasti begitu sebaiknya dihindari.

Pemberian makanan kalengan, baik itu yang keringan atau yang basah merupakan hal praktis yang dapat dilakukan, tetapi yang perlu diingat adalah kebutuhan gizi dan nutrisi yang lengkap harus menjadi pilihan utama.

Waktu pemberian makan haruslah ditentukan dengan baik, biasanya dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari. Pemberian makanan yang terlalu sering atau kebanyakan dapat menyebabkan kucing muntah atau kelebihan berat badan. Makanan yang diberikan diusahakan agar selalu dapat dihabiskan oleh kucing pada saat kita memberikan makanan tersebut.

Minuman yang diberikan haruslah minuman bersih yang telah matang. Minuman sebaiknya selalu ada dalam jumlah yang cukup dan selalu tersedia di dalam wadah minum kucing.

Pemberian air susu untuk kucing merupakan hal yang cukup disarankan, akan tetapi perhatikan jenis susu yang diberikan haruslah khusus, agar kucing tersbut tidak mencret.


Vaksin

Sangatlah bijak untuk mencegah penyakit dari pada mengobati penyakit. Oleh karena itu ada baiknya kucing-kucing yang anda miliki untuk diberi vaksinasi yang rutin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus.

Yang paling berbahaya apabila kita mengabaikan kesehatan hewan adalah adanya penyakit yang bisa menular pada manusia.

Untuk detail dari macam vaksin apa saja yang harus diberikan pada kucing anda, serta bagaimana cara pengulangan vaksin tersebut ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter hewan anda.

@kitada cattery

0 Comments:

Post a Comment

<< Home